Cara Mengelola Manajemen Diri Di Era 4.0

Surabaya – Dosen Program Studi (prodi) S1 Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Nahldatul Ulama Surabaya (Unusa), Firman Yudianto, ST, MT memiliki cara tersendiri untuk mengelola manajemen diri dengan teknologi di era 4.0.

Firman menjelaskan, banyak masyarakat salah kaprah dengan konsep manajemen waktu. Hal ini dikarenakan waktu selalu berjalan konstan dan konsisten sepanjang masa.

“Metode yang seharusnya kita kelola adalah diri kita terhadap waktu. Jadi seharusnya adalah Self Management against Time, bukan Time Management,” ucap Firman, Kamis (30/4).

Masuk era 4.0 seperti saat ini banyak aplikasi yang memudahkan untuk mengelola diri terhadap waktu. Salah satunya Actlo yang merupakan aplikasi sederhana yang dapat membantu melacak penggunaan waktu ditempat kerja maupun di kehidupan pribadi.

“Penggunaannya termasuk sederhana, kita cukup memilih input aktivitas yang dapat di kustomisasi dan secara otomatis aplikasi akan merekam waktu tersebut,” ucap Firman.

Selain itu, ActLo juga menyertakan fitur reminder untuk mengingatkan alokasi waktu yang kita tentukan terhadap aktivitas tersebut. “Dengen begitu akan dengan mudah kita mengelola waktu untuk diri kita,” ucap Firman.

Selain itu, ada aplikasi Toggle salah satu aplikasi sederhana untuk mengontrol waktu yang gunakan. Sama seperti ActLo, Toggle juga akan menggenerate grafik untuk memberikan informasi mengenai alokasi waktu yang kita gunakan.

Aplikasi Yast Time Tracker digunakan untuk mengatur diri sendiri dan orang lain terlebih jika seseorang tersebut merupakan team leader. “Kita beruntung ada di era 4.0 seperti saat ini yang memiliki aplikasi membantu untuk mengatur atau mengelola waktu pada diri kita,” ucapnya.

Akan tetapi, semua aplikasi tersebut tidak bermanfaat apabila tidak memiliki komitmen dan motivasi diri untuk menggunakan aplikasi tersebut secara konsisten. Kita juga akan membutuhkan teknik pengelolaan diri terhadap waktu yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan waktu yang tersedia sehingga kita bisa lebih produktif, efektif dan efisien.

Mengelola diri salah satu keterampilan penting agar seseorang dapat hidup secara lebih berkualitas. Kebanyakan dari kita mengalami kesulitan menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab kita sambil mengalokasikan waktu untuk beristirahat, keluarga, klien atau relasi kerja dan diri sendiri.

Dengan mengelola diri menjadikan kita pribadi lebih produktif. Meningkatkan produktivitas diri agar menjadi lebih efektif dan efisien. (sar humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *