Entrepreneur Week Latih Mahasiswa Unusa Terjuni Pasar

 

Surabaya – Entrepreneur Week Unusa (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya) digelar untuk memancing dan mendorong minat para mahasiswa berwirausaha. Sebanyak 133 kelompok dari seluruh program studi mengikuti kegiatanyang digelar di areal parkir Kampus B, pada 11-18 Desember 2019.

“Melalui Entrepreneur Week, seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan bakal berlatih terjun langsung sebagai seorang wirausaha. Harapannya, mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh selama kuliah di Entrepreneur Week ini,” kata Ketua Pelaksana Entrepreneur Week, Rachma Rizqina Mardhotillah ST MMT, di areal Entrepreneur Week, Kamis (12/12).

Menurut Rachma, para mahasiswa peserta Entrepreneur Week diminta membuat business line. Mulai dari ide membuat produk, mengemas produk, hingga strategi memasarkannya.

“Jadi setelah punya produk, mereka harus mengatur strategi memperkenalkan produk, dan  bahkan membuat strategi bagaimana agar produknya bisa laku. Misalnya pemberian voucher bagi para pengunjung,” papar Rachma.

Dari pengalaman berjualan langsung, lanjut Rachma, mereka bisa melakukan analisa dan evaluasi terhadap produknya. Hasilnya tersebut tentu bisa menjadi kajian mereka untuk langkah berikutnya.

“Tantangan terbesar adalah mencari pembeli. Bagaimana pembeli mau datang, kalau sudah datang bagaimana membuat agar pembeli tetap mau datang. Belum lagi kompetisi pasar sekarang juga sangat ketat,” katanya.

Kegiatan Entrepreneur Week merupakan salah satu implementasi dari visi Unusa yang mendorong para mahasiswanya agar memahami entrepreneurship. Oleh sebab itulah, mata kuliah kewirausahaan diajarkan di seluruh prodi. Mulai dari Fakultas Ekonomi Bisnis, Kedokteran, Keperawatan dan Kebidanan, Fakultan Kesehatan, Fakultas Teknik dan FKIP.

Pada Entrepreneur Week 2019, mayoritas peserta berjualan makanan dan minuman atau Food and Beverage. “Mungkin karena produk F & B yang paling laku. Tapi kami ke depan bakal terus motivasi agar mereka lebih berinovasi dengan menghasilkan produk-produk lainnya,” kata Rachma.

Guna memotivasi seluruh peserta, pihak panitia Entrepreneur Week Unusa menyediakan hadiah untuk tiga kategori, yakni stan terbaik, pengemasan terbaik dan promosi terbaik.(hap/Humas Unusa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *