Hijab merupakan suatu kebutuhan primer bagi wanita muslim untuk menutup aurat dan
memulai aktifitas setiap harinya. Hijab yang semulanya berfungsi sebagai media busana dan alat
yang membantu kebutuhan berpakaian wanita muslim (way of life), kini telah menjadi gaya hidup
dan trendy bagi wanita muslim (life style). Pengguna hijab yang begitu banyak di Indonesia telah
mencapai angka sebesar 126.920.444 pengguna hijab. Adanya potensi pengguna hijab yang begitu
banyak juga terdapat berbagai masalah, khususnya generasi milenial, traveller dan worker yang
sering melakukan aktifitas diluar ruangan. Permasalahan yang sering dihadapi oleh wanita muslim
saat menggunakan hijab yaitu rambut lepek sehingga mengakibatkan area kepala menjadi lembab
dan mengeluarkan aroma tidak sedap yang timbul karena keringat pada kulit kepala. Menangkap
adanya permasalahan pada pengguna hijab, kini adanya inovasi baru “HI BEST (Hijab Fresh
Aromatic)” dengan kebutuhan hijab yang fresh dan stylish dimana hijab diperlukan adanya inovasi
terbaru untuk mengatasi permasalah dengan memiliki nilai fashion yang tinggi, efisien, cepat dan
simple.
Tujuan dari pembuatan “HI BEST (Hijab Fresh Aromatic)” ini adalah untuk membantu
wanita muslim dalam mengatasi permasalahan saat menggunakan hijab dengan memenuhi
keinginan akan hijab yang simple, casuals dan stylish sehingga produk ini dapat diminati banyak
kalangan khususnya wanita muslim. Inovasi hijab yang digunakan untuk menutup aurat bagi wanita
muslim terdapat khas aromatic dari sirih dan serai yang dapat menyaring zat polutan 10 kali lebih
baik sehingga bisa memberikan efek fresh, nyaman dan anti lepek saat pengguna sedang
menggunakan hijab.
Dalam kegiatan PKM Kewirausahaan ini menggunakan metode indirect selling dengan
memanfaatkan sosial media yang diawali dengan memberikan contoh produk “HI BEST (Hijab
Fresh Aromatic)”. Publikasi dan penyebaran info mengenai produk “HI BEST (Hijab Fresh
Aromatic)” yaitu dengan personal selling melalui media pamflet dan memanfaatkan marketplace
yakni shopee. Hal ini, dikarenakan untuk menarik masyarakat agar tertarik dan membeli produk “HI
BEST (Hijab Fresh Aromatic)”.
Produk “HI BEST (Hijab Fresh Aromatic)” ini mengahasilkan keuntungan yang cukup.
Produk ini dijual dengan harga Rp 55.000,- per/pcs dibulan pertama dengan total produksi 90 pcs
HI BEST (Hijab Fresh Aromatic) dan menghasilkan laba bersih Rp 1.095.000,- dan produksi terus
meningkat 100 pcs setiap bulan. Dengan modal investasi sebesar Rp 8.500.000 dan juga tingkat
(IRR) 85% dengan payback dari usaha kami 2 bulan. Dan produk ini memiliki kelayakan usaha yang
cukup tinggi.
Kata kunci: HI BEST (Hijab Fresh Aromatic), Kreativitas, Kewirausahaan