Dosen Unusa Ikuti Workshop Pembuatan Video Kuliah Online

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar Workshop Online pembuatan video kuliah untuk dosen Unusa, Jumat (5/6).

Pemateri Webinar, Ir. Wardah Alkatiri, M.A., Ph.D. menjelaskan, pembuatan materi video kuliah harus memerlukan konten serta slide yang menarik untuk mahasiswa. Selama pandeminini mahasiswa melakukan perkuliahan online atau Dalam Jaringan (Daring) jadi video kuliah online ini sangat dibutuhkan.

“Ini dilakukan agar mahasiswa tidak bosan menjalani kuliah online yang sudah lebih tiga bulan ini dijalani di rumah,” ucap Wardah, Sabtu (6/6).

Wardah menyebutkan jika video kuliah online ini sangat dibutuhkan bukan hanya selama pandemi tapi pasca diberlakukannya new normal. “Bagaimana pun belum bisa normal seperti biasa dengan menjalani perkuliahan biasa,” jelasnya.

Dalam pembuatan video kuliah online itu harus menarik mahasiswa. Sehingga harus adanya perencanaan konten yang mudah dipahami. Tidak hanya perencanaan konten video akan tetapi pembuatan slide penjelasan harus singkat.

“Jika membuat slide power point jangan terlalu banyak tulisan sehingga mahasiswa akan bosan untuk membaca tulisan yang banyak tapi gunakan inti pembelajaran tersebut kedalam slide power poin,” ujar Wardah.

Tidak jarang mahasiswa akan kesulitan menerima materi perkuliahan online, namun Wardah memiliki cara tersendiri.

“Anggap mahasiswa itu ada di depan kita jadi bagaimana pun kita harus menjelaskan dengan baik agar mahasiswa mengerti dan memahami perkuliahan, selain itu ambil gambaran besar inti perkuliahan dan berikan contoh dalam dunia nyata,” ungkap Wardah.

Dalam workshop ini, ada 108 peserta dosen dari semua Program Studi (Prodi) yang ada di Unusa. Workshop ini akan dilakukan bertahap. “Ada lanjutan dalam workshop ini seperti saya memberikan contoh untuk produksi video perkuliahan online serta nanti membuat skrip agar penjelasan lebih runtut yang membuat mahasiswa memahami perkuliahan,” ucap Wardah. (sar humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *